LAPORAN HASIL PRAKTIKUM 7

LAPORAN HASIL PRAKTIKUM

Nama
: Ahmad Noval
NIM 
: 1711016210001

Judul Praktikum : Keamanan Jaringan Dengan Mikrotik
  Hasil & Pembahasan Praktikum :  
Pada praktikum jaringan komputer di pertemuan yang ke tujuh ini, dengan judul materi keamanan jaringan dengan mikrotik. Praktikan telah mempelajari bagaimana cara mengatur konfigurasi keamanan jaringan dengan menggunakan mikrotik. Serta mempelajari bagaimana caranya memblokir suatu situs dengan menggunakan mikrotik.
Prosedur Praktikum :
Alat dan Bahan yang diperlukan pada praktikum ini yaitu:
1.    1 buah laptop
2.    Winbox
3.    1 buah mikrotik
4.    Kabel lan
Langkah – langkah untuk melakukan konfigurasi mikrotik dengan menggunakan aplikasi winbox :

1.    Install aplikasi Mikrotik WinBox Loader, kemudian pilih MAC Address lalu pilih connect.

2.    Klik IP -> Firewall kemudian pilih Layer 7 Protocols.


3.    Menambahkan firewall L7 Protocol baru dengan mengisi nama serta regular expressionnya dengan format ^.+(situs.com|situs.com|).$.


4.    Buat firewall rule baru, pilih tab General kemudian pilih “forward” pada atribut Chain.

5.    Masih di firewall rule yang tadi, pilih tab Advanced kemudian isi Layer 7 Protocol sesuai nama script yang dibuat sebelumnya.

6.    Pilih tab Action, pilih “drop” untuk atribut Action, kemudian klik OK.

7.    Rule yang telah kita buat akan muncul di tab Filter Rules.

8.    Terakhir, melakukan pengujian apakah pemblokiran situs berhasil atau tidak, jika berhasil maka tampilannya seperti dibawah ini.

 Diagnosa dan Troubleshooting Masalah :
Pada praktikum kali ini, saat pelaksanaan uji coba pembuatan keamanan jaringan dengan mikrotik. Masalah yang sering terjadi adalah  saat pengaturan Mikrotik yang tidak terhubung dengan komputer karena masalah di Kabel LAN yang digunakan. Sehingga mengalami kesusahan saat melakukannya.
 Kesimpulan Percobaan :
1.        MikroTik adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider hotspot.
2.        Untuk instalasi konfigurasi dasar mikrotik dapat dilakukan menggunakan Mikrotik OS dan sejenisnya. Mikrotik didesain untuk mudah digunakan dan sangat baik digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer seperti merancang dan membangun sebuah sistem jaringan komputer skala kecil hingga yang kompleks sekalipun.
3.        Setting Mikrotik bisa menggunakan Aplikasi WinBox untuk perangkat Windows.